Rabu, 15 April 2015

Kelebihan dan kekurangan windows98

windows 98
Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

     Windows 98 mengundang kontroversi saat Microsoft memasukkan penjelajah web Microsoft Internet Explorer ke dalam sistem operasi dan tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer dan GUI Windows mampu menampilkan direktori seolah-olah halaman web. Hal ini membuka kasus baru, yang disebut sebagai Amerika Serikat versus Microsoft, yang menanyakan mengapa Microsoft repot-repot menjaga dominasinya di dalam sistem operasi komputer pribadi untuk berkompetisi dengan para pesaingnya seperti Netscape dan IBM dengan cara yang tidak jujur.

    Pada tahun 1999, Microsoft merilis Windows 98 Second Edition, sebuah rilis yang menawarkan banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Internet Connection Sharing, yang merupakan sebuah bentuk dari Network Address Translation, yang mengizinkan beberapa mesin di dalam sebuah jaringan lokal agar dapat menggunakan satu buah jalur koneksi Internet bersama-sama pun diperkenalkan pada versi ini. Banyak masalah minor di dalam Windows yang lama telah dikoreksi, yang menjadikan Windows 98 menurut banyak orang sebagai sebuah versi Windows 9x yang paling stabil di antara semua versi Windows 9x lainnya.


Kebutuhan Hardware Windows 98

  • Personal Komputer (PC) with a 486DX 66 megahertz (MHz) or faster processor.
  • 16 MB of memory / RAM (24 MB recommended).
  • VGA or higher resolution (16-bit / 24-bit color SVGA recommended).
  • Untuk menginstall windows 98 pada drive FAT 32  membutuhkan 175MB ruang hard disk sedangkan FAT 16 membutuhkan 255MB ruang hard disk.
  • Floppy disk drive 3.5 inch high density.
  • keyboard dan mouse yang kompatibel.
Fasilitas Windows 98 
Windows 98 First Edition penerus dari Windows 95, dengan tambahan dukungan/ fasilitas :
1) AGP
2) USB
3) Plug and Play yang lebih baik
4) Sistem berkas FAT32 dan Internet Explorer versi 4.0

Windows 98SE menambah dukungan pada :
1) Internet Explorer 5
2) NAT untuk berbagi koneksi Internet
3) Digital Versatile Disk (DVD)
4) Windows Driver Model (WDM) yang menggantikan model Virtual Device Driver (VxD)
5) Windows Netmeeting 3

Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukuingan kernel 16bi/32-bi, dan masuk pada family Windows 98

  Kombinasi Tombol Windows
Saat ini beredar banyak keyboard yang memiliki tombol khusus, yang disebut dengan tombol windows.Biasanya tombol windows ini ada dua dan terletak di baris paling bawah dari susunan tombol-tombol keyboard.Di sebelah kiri ada diantara tombol “Ctrl” dan tombol “Alt” serta disebelah tengah kanan bawah ada diantara tombol “Alt” dan tombol “Win Context Menu”. Selanjutnya tombol ini dengan tombol “Win”, dengan menekan tombol "Win" akan mengaktifkan “Windows Start Menu”.
Sebenarnya memiliki kegunaan lebih dari itu bila dikombinasikan dengan tombol lain, yakni :
·         Win             :Mengaktifkan “Windows Start Menu”. 
·         Win + E      :Membuka “Windows Explorer”. 
·         Win + R     :Membuka kotak dialog “Run”. 
·         Win + F      :Membuka “Windows Find”. 
·         Win + M     :Meminimaliskan semua jendela aplikasi yang sedang terbuka. 
·         Win + Shift + M    :Mengembalikan semua jendela yang telah diminimalisasi. 
·         Win + D     :Menampilkan layar dekstop.
b.      Kombinasi Tombol “Ctrl” atau “Alt”
Ada tombol spesial lain yang penekanan kombinasinya juga dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan yakni sebagai berikut :
·         Ctrl + Esc               :Alternatif untuk mengaktifkan “Windows Start Menu”.
·         Alt + Tab               :Memilih jendela aplikasi yang sedang dibuka.
·         Alt + Shift + Tab   :Seperti pada penekanan kombinasi tombol “Alt + Tab” namun arah bekerjanya secara berkebalikan.
·         Alt + Esc                :Berpindah ke jendela aplikasi lain secara berurutan.
·         Alt + Spacebar      :Mengaktifkan menu kontrol untuk jendela yang sedang aktif.
·         Alt + F4                  :Mengakhiri jalanya aplikasi yang sedang aktif.
·         Ctrl + F4                :Menutup anak jendela atau dokumen di jendela aplikasi yang sedang aktif, namun tidak mengakhiri jalannya aplikasi.
·         Alt + Enter             :Menampilkan menu “properties” dari shortcut atau aplikasi yang dipilih.
c.       Mendefinisikan Sendiri Shortcut
Selain menggunakan shortcut yang telah tersedia, windows 98 masih memiliki rahasia, yaitu kita dapat mendefinisikan shortcut keyboard untuk menjalankan aplikasi yang diinginkan. Semua program dapat diberi shortcutnya sendiri sesuai dengan keinginan.Tentu hal yang satu ini sudah mengerti semua.Misalnya saja aplikasi “Microsoft Word” kita dapat membuat shortcut “Ctrl + Shift + W” untuk aplikasi tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :
·         Klik kanan mouse pada tombol “Windows Start Menu”
·         Dari menu yang muncul klik “Explorer”
·         Pilih group direktori “Program” dan cari shortcut link ke aplikasi “Microsoft Word
·         Sorot shortcut link Microsoft Word (klik mouse sekali  pada shortcut link itu)
·         Tekan “Alt + Enter” atau klik kanan mouse pilih properties
·         Cari bagian form isian yang mengatakan “Shortcut Key” yang dapat di temukan pada tab bagian “Shortcut
·         Untuk mendefinisikan shortcut keyboard “Ctrl + Shift + W” seperti yang telah direncanakan, klik form shortcut key  dan kemudian tekan dan tahan tombol “Ctrl”, lalu tekan dan tahan tombol “Shift” kemudian tekan tombol “W
·         Apabila kombinasi tombol tersebut telah digunakan, windows akan melakukan aksi yang telah ditentukan dengan kombinasi tombol itu, namun bila kombinasi tombol tersebut belum digunakan, di form itu akan muncul “Ctrl + Shift + W
·         Tutup jendela properties tersebut dengan melakukan klik tombol “OK
·         Cobalah sekarang menekan kombinasi tombol “Ctrl + Shift + W” aplikasi Microsoft Word akan segera terbuka


KEUNGGULAN DAN KELEBIHAN WINDOWS 98
Keunggulan dari sistem operasi ini adalah :
a.        Lebih mudah digunakan membuka file, serta banyak tambahan tombol jelajah pada tiap jendela. meningkatkan ukuran bidang kerja. Dan instalasi perangkat keras baru akan lebih mudah karena Windows 98 mendukung Standar Universal serial Bus (USB). Standar ini memungkinkan kita menancapkan perangkat keras baru dan langsung menggunakannya tanpa perlu melakukan restart computer.
b.        Lebih terjamin : memiliki akses ke Windows Update, ekstensi berbasis web untuk Windows 98. Fasilitas pemecahan masalah yang baru dilengkapi perangkat
c.        Lebih cepat : windows dan program yang ada didalamnya dapat dijalankan lebih cepat daripada sebelumnya. Memanfaatkan Windows Tune-Up Wizard, kita dapat secara mudah meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer. Begitu juga dengan fasilitas Power Management dan kita pun dapat menggunakan FAT 32 untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan file dan menghemat pemakaian ruang hard disk.
d.        Lebih menghibur : windows 98 dapat mendukung DVD dan digital audio, jadi kita dapat memutar film dan audio digital berkualitas sangat tinggi pada komputer kita dan didukung oleh paket wallpaper, screen saver, icon 3-D, pointer mouse yang unik.

Keunggulan dari sistem operasi ini adalah;
a. Tampilannya kurang menarik dan masih terlalu kaku.
b. Kestabilan sistem kurang
c. Windows 98 lebih boros memori dan ruang harddisk daripada Windows 95
d. Sering terjadinya blue screenn

0 komentar:

Posting Komentar